Sabtu, 09 Maret 2013

SUSWONO


Suswono
Sejak kecil, Suswono terkenal sebagai anak yang pintar, ini dapat dilihat dari prestasinya ketika bersekolah di mana dia juga sempat mendapatkan penghargaan sebagai pelajar teladan semasa SMA dan menjadi lulusan terbaik Sepadya pada tahun 1987. Pria kelahiran Tegal ini merupakan lulusan Program S1 Sosial Ekonomi Peternakan IPB pada tahun 1984, selanjutnya dia meneruskan pendidikannya di Magister Manajemen Agribisnis dan Doktoral Manajemen Bisnis IPB. 


Suswono mengawali karir politiknya dengan bergabung pada Partai Keadilan Sejahtera. Pada tahun 2004, Suswono menjadi caleg dan maju ke bursa pemilihan umum. Dia akhirnya terpilih dan dipercaya untuk menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera yang membidangi masalah pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, kelautan, dan pangan.

Sebelum menjabat sebagai anggota DPR RI, Suswono pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli Menteri Kehutanan tahun 1999 hingga tahun 2001. Pada tahun 2009, ketika presiden SBY melakukan reshuffle kabinetnya, Suswono terpilih untuk menggantikan Dr. Ir. H. Anton Apriyantono, MS yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pertanian. Bagi Suswono, dunia pertanian bukanlah sesuatu yang baru.

Sebagai nahkoda baru di Departemen Pertanian, Suswono menyatakan telah menetapkan visinya yaitu Pertanian Industrial Unggul Berkelanjutan yang Berbasis Sumberdaya Lokal untuk Meningkatkan Nilai Tambah, Daya Saing Ekspor dan Kesejahteraan Petani.
Riset dan Analisa: Fathimatuz Zahroh
Dari merdeka.com



Nama Lengkap : Suswono
Alias : No Alias
Agama : Islam
Tempat Lahir : Tegal, Jawa Tengah
Tanggal Lahir : Senin, 20 April 1959
Zodiac : Aries
Warga Negara : Indonesia

Ayah : H. Asyraf
Ibu : Hj. Suratni 
Istri : Mieke Wahyuni
Anak : Anna Mariam FadhilahAdilah IhsaniMuhammad Usaid GharizahSarah Nabila