Selasa, 12 Maret 2013

KALAU MAU JADI ORANG BESAR, MERANTAULAH DEMIKIAN KATA LELUHUR TEGAL

Ya, begitulah kira-kira, merantaulah kalau mau menjadi orang besar. Tak pedikit putra Tegal yang menjadi orang besar, hanya belum saja ada presiden atau wakil presiden dari Tegal. Kalu mentri dan pejabat kementrian atau artis memang sudah banyak, Bahkan banyak juga yang menjadi pejabat daerah di luar kabupaten Tegal.
   Jadi sebenarnya bukan hanya pedagang nasi goreng, ayam goreng, atau warung tegal yang mengisi setiap kota di Jawa, tetapi juga banyak orang penting di luar Kabupaten Tegal yang asli putra Tegal. Terkadang kita tak menyadari ada keluarga tetangga kita yang berhasil di negeri orang. Mereka berhasil setelah merantau ke luar Tegal. Rata-rata mereka enggan kembali karena merasa berhasil di perantauan. Tak sedikit pengusaha asal tegal yang sukses di luar Tegal. 

   Nama-nama seperti Cici Tegal, Limbad merupakan  mereka yang sukses di duania artis. Kemudian Mentri Suswono, Muhammad Maruf Ambari Romla , juga berasal dari Tegal. Nama seniman-seniman tegal juga menusantara seperti Dalang Enthus Susmono, dalang kondang ini sudah menjadi dalang Nasional dan diakui Kraton Ngayogyakartahadiningrat.  Kemudian penyair Piek Ardijanto, Dyah Setyowati, adalah penyair yang namanya sudah menjadi bahan ajar pendidikan sastra nasional. Belum lagi lainnya, yang setingkat perwira menengah ke bawah baik di TNI maupun Polri. Pendek kata pancen wong Tegal njlajah nusantara.